Update Kasus Video Syur Gisel-Michael Yukinobu, Kejati DKI: Berkas Perkara Masih Proses Dilengkapi

Apa kabar kasus video syur Gisella Anastasia dan Michael Yukinobu Defretes setelah penyebarnya disidang? Kasi Penkum Kejati DKI Jakarta Ashari Syam menyampaikan berkas perkara dugaan tindak pidana ITE masih dalam proses perbaikan penyidik Polri. Berkas perkara yang dimaksudkan dengan nomor: BP/16/1/2021 tanggal 31 Januari 2021 atas nama tersangka Gisella Anastasia dan Nomor: BP/17/1/2021 tanggal 31 Januari 2021 atas nama tersangka Michael De Fretes alias Michael Yukinobu Defretes.

"Sampai saat ini belum ada P21 dari JPU. Saat ini posisi berkas perkara masih ada di penyidik dalam proses dilengkapi," kata Ashari saat dikonfirmasi, Jumat (2/4/2021). Menurut Ashari, berkas tersebut masih belum memenuhi syarat secara formal dan materil. Khususnya beberapa fakta yang terkait dengan pasal UU ITE dan UU Pornografi. Ia menyampaikan pihaknya telah mengembalikan berkas perkara itu sejak 15 Februari 2021 lalu. Nantinya, penyidik Polri diharapkan memperbaiki berkas itu sesuai dengan petunjuk JPU.

"Karena masih ada beberapa petunjuk JPU terdahulu yang sepenuhnya belum dipenuhi. Petunjuk tersebut ditegaskan kembali dalam forum koordinasi dan konsultasi antara penyidik dan JPU," tukas dia. Dua tersangka kasus video syur, Gisella Anastasia dan Michael Yukinobu akhirnya bertemu dalam satu waktu yang sama. Gisel dan Nobu bertemu saat menjadi saksi di sidang penyebar masif video syur mereka di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Keduanya terlihat hadir di waktu yang hampir bersamaan, padahal selama ini keduanya hampir tak pernah terlihat ada di momen yang sama, sekalipun dalam wajib lapor. Nobu hadir lebih dulu sekira pukul 14.43 WIB ditemani kuasa hukumnya, tak sampai lima menit Gisel hadir bersama tim kuasa hukumnya. Nobu tak banyak bicara ketika hadir di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ia langsung berjalan melewati awak media.

"Maaf yaa sidang dulu," ucap Michael Yukinobu De Fretes saat tiba di PN Jakarta Selatan, Selasa (23/3/2021). Berbeda dengan Nobu, Gisel menanggapi pertanyaan awak media sembari berjalan masuk ke ruang sidang. Gisel mengaku belum bertemu Nobu di luar persidangan, ia bahkan tak tahu bahwa Nobu juga hadir dalam persidangan hari ini.

"Oh iya ya? Aku juga belum ketemu jadi nggak tahu," kata Gisella Anastasia. Keduanya akan sama sama menjadi saksi dalam sidang tersangka penyebar video syur mereka di sosial media. Gisel memasuki ruang sidang tiga sekitar pukul 15.10 WIB. 20 menit berselang, Majelis Hakim memulai sidang secara tertutup.

Michael Yukinobu de Fretes alias Nobu yang merupakan lawan main Gisel di video syur juga turut hadir sebagai saksi. Ia meninggalkan ruang sidang tiga sekitar pukul 16.30. Gisel tampak tenang saat keluar dari ruang sidang. Selama di dalam ruang sidang, Gisel mengaku tidak banyak berbicara dengan Nobu. Namun, ia sempat berpamitan dengan Nobu.

"Enggak, enggak banyak ngobrol. Saya sapa (Nobu) dan cuma pamit saja. 'Saya duluan ya, Tuhan memberkati'," kata Gisel seusai persidangan. Gisella Anastasia mengaku bahwa ia untuk pertama kali bertemu lagi dengan Michael Yukinobu De Fretes. Usai video syur keduanya tersebar November 2020 lalu, diketahui bahwa Gisel dan Nobu tak pernah bertemu.

Bahkan saat keduanya diperiksa dihari yang sama dan harus menjalani wajib lapor di Polda Metro Jaya. Gisel dan Nobu tak pernah hadir bersamaan. "Iya pertama kali ketemu lagi (dengan Nobu)," kata Gisella Anastasia usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (23/3/2021). "Saya sapa, dia sapa balik lah," ungkapnya.

Ketika awak media bertanya apakah ada rasa canggung saat pertemuan tersebut. Gisel justru menjawabnya dengan sebuah gurauan. "Laila dong canggung haha," tutur Gisel sembari tertawa. Gisel mengatakan bahwa dirinya tak sempat mengobrol dengan Nobu dan hanya saling mendoakan saja.

Sebab setelah dirinya memberikan kesaksian di hadapan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, giliran Nobu yang memberikan kesaksian. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *