Mengapa Bensin Cepat Habis? Ketahui Penyebabnya!

Padahal sudah beli mobil paling bagus, DP mobil disetor dalam jumlah besar, kok bensinnya cepat habis ya?

Ketahuilah bahwa antara mobil bagus dan DP besar itu tidak ada hubungannya dengan bensin yang cepat habis. Sebelum membeli mobil, pastikan Anda mengecek mesinnya. Jika tertulis 1000 cc hingga 1500 cc, cenderung hemat pemakaian bensinnya. Tetapi jika sudah 2000 cc ke atas, sudah pasti konsumsi bensinnya jauh lebih tinggi. Jadi memang akan berbeda konsumsi bahan bakar Toyota Agya yang 1000-an cc dengan Toyota Alphard yang jauh di atas itu.

Eits, tapi ternyata ada faktor lain lagi yang mempengaruhi bahan bakar menjadi cepat habis. Apa saja? Simak ulasannya berikut.

 

Meminimalisir penggunaan AC mobil

Hal sederhana tapi dapat menghemat banyak bahan bakar adalah dengan menggunakan AC secara efektif. Tentunya setiap pengguna mobil ingin merasa nyaman dan sejuk di dalam. Anda bisa menghemat bahan bakar dengan menyalakan AC setelah semua udara panas di mobil. Panaskan mobil dengan AC yang tidak menyala, sehingga Anda bisa menghemat pemakaian bensin.

 

Jangan rem mendadak

Walaupun kasus ini sering sekali terjadi, namun pengereman secara tiba-tiba dapat mengurangi bahan bakar dalam kendaraan. Pengguna kendaraan tentunya harus selalu menjaga kecepatan laju transportasinya agar tetap stabil agar menghindari adanya akselerasi atau pengereman mendadak.

 

Memperhatikan kecepatan mobil

Jika Anda suka mengebut ketika berkendara, Anda harus tahu kalau penggunaan mobil dengan kecepatan di atas kecepatan normal bisa mengurangi bahan bakar. Laju kendaraan yang cepat akan memerlukan banyak bensin untuk dapat bekerja dengan maksimal. Maka dari itu untuk menjaga agar kendaraan Anda tetap irit, berkendaralah di kecepatan normal 60-80 km/jam.

 

Tekanan angin pada ban kendaraan

Salah satu hal yang harus diperhatikan jika ingin kendaraan Anda tetap irit adalah dengan memeriksa tekanan angin secara berkala. Permukaan ban akan menopang kendaraan tersebut yang disebut dengan tekanan gulir. Jika tekanan anginnya kurang, maka tekanan gulir yang dikeluarkan akan lebih besar sehingga kendaraan akan cepat boros. Makanya, penting untuk selalu memeriksa tekanan angin pada ban dan ban cadangan Anda.

 

Jangan lupa servis secara berkala

Melakukan servis berkala pada waktunya bisa menghemat bahan bakar kendaraan. Anda bisa segera membawa mobil ke bengkel untuk dicek setelah menempuh perjalanan 1000 km. Dengan melakukan servis ini, kendaraan Anda tentunya akan diperiksa bila ada kerusakan-kerusakan, juga memastikan apakah seluruh komponen mobil dalam kondisi baik termasuk bahan bakarnya. Jika ada yang bermasalah, maka mobil Anda akan diperbaiki oleh ahlinya.

 

Ingin mengganti mobil ke yang lebih hemat bahan bakar? Jangan lupa untuk memilih perusahaan pembiayaan yang terpercaya dan kredibel dalam urusan kredit kendaraan. Salah satu platform pembiayaan yang direkomendasikan adalah SEVA. Platform pembiayaan dari Astra ini dapat membantu Anda untuk membeli mobil dengan cara mudah dan nyaman secara finansial. Tak hanya itu, Anda pun bisa membeli mobil secara online melalui website SEVA. Cukup ikuti saja langkah-langkahnya, Anda bisa mendapatkan mobil yang diinginkan.

 

Kemudahan membeli mobil juga didukung dengan fitur Instant Approval yang dapat membantu Anda untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi finansial sebelum memberikan pilihan mobil baru yang sesuai kemampuan. Fitur ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan finansial yang lebih untuk Anda di masa depan hingga mobil yang dibeli dapat dimiliki sepenuhnya.

 

Yuk, beli mobil dengan mudah hanya di SEVA.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.