Manfaat OMS untuk Kelancaran Bisnis Anda

Saat Anda ingin berjualan di berbagai marketplace besar seperti Amazon tentu membutuhkan aplikasi Order Management System. Aplikasi ini sebagai jembatan usaha antara marketplace besar dengan bisnis kecil.

4 Alasan Memakai Aplikasi Order Management System (OMS)

Sebagai pemilik bisnis tentu Anda ingin berjualan di banyak tempat. Solusinya yaitu memakai Order Management System yang membantu bisnis Anda untuk berjualan di berbagai marketplace. Adapun alasan memakai OMSyakni:

Meningkatkan Alur Kerja Proses Order

Penguraian alur kerja proses order dalam dunia online retailers adalah sebagai berikut:

  • Konsumen melakukan order
  • Pemberitahuan mengenai order akan pelanggan terima melalui email
  • Konsumen akan login untuk memeriksa order serta mencetak slip packing
  • Pengemasan order
  • Penimbangan order
  • Membuat serta mencetak label pengiriman
  • Penempelan label pada kotak yang siap kirim

Memeriksa Persediaan

Seandainya Anda hanya menjual produk melalui satu channel seperti toko online, umumnya platform ecommerce sudah menyiapkan fitur pemeriksa persediaan. Bagaimana jika Anda memakai lebih dari satu channel penjualan? Hal ini akan membuat manajemen persediaan merasa kesulitan.

Untuk itu, OMS biasanya mempunyai fitur inventory. Hal ini memungkinkan merchants terhubung pada post-sale data. Dengan begitu, OMS dapat meng-update pada website retailers saat ada penjualan produk secara online maupun offline.

Marketplaces

Para penjual online berkeinginan membuat daftar produk tidak hanya pada websitenya sendiri, tetapi juga di Amazon, eBay, dan sejenisnya. Sebenarnya ada beberapa solusi untuk mengintegrasikan dengan merchants bersama marketplace itu. Contohnya ChannerAdvisor, sebagai solusi enterprise-level yang terbaik.

Namun layanan dari enterprise-level membutuhkan lebih dari bisnis kecil untuk mengelolanya. Di sini OMS akan membantu sebagai solusinya. Soalnya OMS ecommerce yang baik akan terintegrasi pada Amazon, eBay, Etsy, dan lain-lain. Singkatnya OMS menjembatani kesenjangn bisnis kecil agar bisa berjualan di banyak channel.

Beberapa Lokasi Pengiriman

OMS sudah mendukung pengiriman dari berbagai lokasi. Misalnya Anda mempunyai dua toko fisik dengan persediaan toko online dari toko fisik. Maka OMS dapat melihat tingkat persediaan di masing-masing toko dan menentukan order pada satu toko. Dengan begitu, karyawan bisa mengirimkan pesanan tanpa merasa bingung.

Sekarang Anda tidak bingung lagi bila ingin berjualan di marketplace besar. Pasalnya kini ada Order Management System yang membantu Anda berjualan di berbagai channel, informasi lengkap lainnya anda bisa mengunjungi halaman resmi hubster.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.