Ikuti Tips Ini Sebelum Membeli Asuransi!

Ada baiknya kita memiliki asuransi, agar kedepannya tidak menggangu keuangan yang sudah kamu rencanakan kedepannya. Dengan asuransi, baik asuransi kesehatan ataupun asuransi kendaraan, setidaknya kamu sudah memiliki pegangan apabila terjadi sesuatu dengan kesehatan ataupun kendaraan kamu. Jika kamu ada rencana untuk membeli asuransi online Indonesia, ada baiknya kamu pahami produk yang ditawarkan oleh asuransi dan cari yang cocok dengan budget dan kebutuhan kamu agar tidak menyesal dikemudian hari. Membeli asuransi secara online memang memudahkan bagi yang ingin membeli asuransi tanpa harus keluar rumah. Berbagai macam asuransi yang bisa dibeli secara online adalah asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, hingga asuransi kendaraan bermotor.

Sebagai calon pemegang polis asuransi, kamu juga haru mengetahui hal-hal seperti manfaat, risiko, cakupan proteksi, proses klaim, pengecualian, hingga hak dan kewajiban kamu sebagai nasabah kelak di satu perusahaan asuransi yang akan kamu pilih. Lalu, hal-hal apa saja yang harus diketahui sebelum membeli asuransi?

  1. Pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kantong kamu. Jangan tergiur memilih produk asuransi karena promo dan hadiah yang ditawarkan ataupun karena terpaksa.
  2. Yang penting, pastikan asuransi sudah memiliki izin OJK dan agen asuransi yang digunakan adalah agen professional yang memiliki sertifikasi keagenan dan mampu membantu, menjelaskan, dan mengurus keperluan asuransi yang kamu butuhkan di kemudian hari.
  3. Kamu harus bisa mengetahui kualitas layanan dari perusahaan asuransi yang akan kamu pilih terutama terkait dengan hal klaim. Kamu bisa mengetahui hal ini dari internet atau informasi dari kerabat atau teman.
  4. Pastikan ketika sudah memilih produk asuransi, kamu harus mengisi data dengan lengkap, jujur, dan jelas serta tidak dikosongkan atau tidak lengkap.
  5. Tanyakan dengan jelas dan terperinci mengenai manfaat yang akan kamu dapakan, kondisi yang dipersyaratkan, dan pengecualian jaminan, yang dimana hal ini bisa dijdikan penolakan pengajuan klaim oleh pihak asuransi.
  6. Bayarkan premi dengan tepat waktu agar tidak terjadi keterlambatnan yang bisa menimbulkan klai tidak dibayar.
  7. Jika nanti sudah menerima polis, kamu harus baca polis beserta semua lampiran yang sudah diterima, jika tidak sesuai dengan yang disampainkan oleh agen, maka polis bisa dibatalkan atau dilakukan perubahan.
  8. Minta dijelaskan produk dengan membuat ilustrasi apabila masih ada yang kurang dipahami dari cara kerja produk asuransi yang sedang ditawarkan.
  9. Jika sudah yakin untuk membeli asuransi, maka pastikan kamu bisa membayar asuransi tersebut karena asuransi merupakan kontrak jangka panjang.
  10. Meminta agen untuk menjelaskan secara jelas mengenai produk yang sedahng ditawarkan.

Dengan adanya artikel ini, semoga bisa membantu kamu yang akan membeli asuransi untuk kebutuhan kamu, ya! Semoga membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.