Ide Usaha Modal Kecil di Desa! Ini 5 Peluangnya

Banyak pemuda desa yang merantau ke kota karena mencari lowongan kerja dengan penghasilan baik. Walau sesungguhnya ada ide usaha modal kecil di desa yang menawarkan keuntungan menggiurkan. Apalagi jika dikelola dengan baik sehingga dapat berkembang semakin pesat.

Selama ini desa identik sebagai tempat yang terpinggirkan. Usaha pun akan lebih maju jika dijalankan di perkotaan. Namun, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Apalagi kini pemerintah pusat sudah mencanangkan beberapa program untuk memajukan perekonomian desa.

Jenis-Jenis Ide Usaha Modal Kecil di Desa

Pada dasarnya pedesaan memiliki potensi yang besar untuk menjadi pusat perekonomian. Berbagai jenis peluang usaha di desa memiliki kesempatan bagus untuk dikembangkan dan menghasilkan keuntungan besar.

Beternak Ayam Kampung

Ayam adalah jenis protein hewani yang paling digemari di Indonesia. Baik ayam pedaging atau ayam kampung, keduanya memiliki banyak penggemar. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh warga yang tinggal di desa. Terutama karena banyaknya fasilitas pendukung yang dapat digunakan dengan bebas.

Memulai usaha peternakan ayam kampung juga tidak membutuhkan modal yang besar. Berbeda dengan ternak sapi atau kambing yang membutuhkan modal dalam jumlah banyak. Bahkan bisa menghabiskan puluhan juta. Sedang ternak ayam kampung, Anda bisa memulainya dengan uang ratusan ribu saja. Sudah begitu, keuntungannya pun menggiurkan.

Kolam Ikan Lele

Lele juga memiliki banyak penggemar, terbukti dari banyaknya warung yang menjual pecel lele di berbagai tempat. Harga jual ikan lele juga cukup memuaskan, sedang modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Untuk memelihara lele ini bisa menggunakan beberapa alat yang mudah ditemukan di sekitar. Bisa berupa ember, drum, terpal atau kolam semen. Sedang pakan lele bisa berupa pelet atau menggunakan pakan lain.

Warung Sembako

Warung sembako selalu dicari keberadaannya, baik di daerah perkotaan atau pedesaan. Namun bagi masyarakat pedesaan, keberadaan warung sembako akan sangat terasa manfaatnya. Terlebih lagi karena warga tidak lagi harus menempuh jarak yang jauh untuk membeli keperluan rumah tangga.

Jualan Kue 

Kue atau penganan kecil lain merupakan penganan yang tidak pernah sepi pembeli. Apalagi masyarakat Indonesia mayoritas gemar mengudap. Peluang usaha di desa dalam berjualan kue pun sangat besar potensinya untuk dikembangkan.

Indonesia memiliki cita rasa dan kekhasan sendiri dalam setiap masakan dan pegangan yang dibuatnya. Rasanya pun berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Begitu juga ragam kue dan penganan ringan yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia ini. Jika ingin mencoba peruntungan di bisnis kue, Anda juga bisa mencoba menjualnya melalui Internet. Penjualan secara online akan semakin memperbesar usaha kue milik Anda. 

Berjualan Pulsa

Berjualan pulsa adalah peluang usaha berikutnya yang menjanjikan keuntungan lumayan. Namun, jasa ini juga membutuhkan trik tersendiri agar bisa terus bertahan dan menjadi konter besar. Salah satunya adalah dengan tidak mengizinkan orang lain berhutang pada konter Anda. 

Konter pulsa jelas memberi banyak keuntungan. Terutama karena kini tidak hanya warga kota yang melek teknologi. Masyarakat pedesaan pun bisa mengakses Internet dengan mudah. Jadi mereka selalu membutuhkan pulsa atau data internet. 

Demikian beberapa  ide bikin usaha kreatif dengan modal kecil di desa yang bisa menjadi pertimbangan Anda. 

Walaupun terlihat kecil, jangan ragu untuk melakukannya. Dengan berbekal ulet dan konsisten, bahkan jika dilakukan di desa, usaha ini memiliki potensi berkembang. Dan siapa tahu saja, Anda lah yang akan jadi jutawan selanjutnya tanpa perlu pergi meninggalkan kampung halaman Anda tercinta. Semoga beruntung!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.